oleh

Hj. Nelly Wati Bersama 7 Bunda Literasi Provinsi Lampung Mesuji Dikukuhkan

Bandar Lampung, SM. Hj. Nelly Wati selaku Bunda Literasi Kabupaten Mesuji bersama 7 bunda literasi kabupaten/kota se Provinsi Lampung mengikuti prosesi pengukuhan bunda literasi.

Prosesi pengukuhan dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di ballroom Swiss Bel Hotel Bandar Lampung. Dilanjutkan dengan talk show literasi dengan tema ‘Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi Lampung Secara Hybrid, Luring dan Daring’. Selasa, 15 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando menyampaikan bahwa pentingnya budaya membaca menjadi keniscayaan suatu bangsa untuk dapat maju dan berkembang.

Syarif mencontohkan negara Singapura, Jepang, dan Korea, dimana meskipun negara-negara tersebut memiliki keterbatasan Sumber Daya Alam, namun memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul dan produktif.

Disampaikan juga dalam paparannya, rendahnya minat baca masih menjadi masalah utama. Untuk itu diperlukan peran seluruh stakeholder terutama pemerintah, akademisi dan semua pihak untuk dapat bahu-membahu mengatasi hal tersebut.

Peningkatan indeks literasi masyarakat di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Lampung pada khususnya masih dihadapkan pada tantangan. Yakni, sebagian masyarakat belum memiliki minat baca yang baik.

“Rendahnya minat baca berkaitan dengan ketersediaan sumber bahan bacaan serta kemudahan untuk megakses bahan pustaka pada perpustakaan,” tukasnya.

Dilain pihak, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung mengucapkan selamat kepada para Bunda Literasi kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang telah dikukuhkan.

“Saya mengharapkan pengukuhan ini dapat dijadikan semangat dan motivasi dalam memperkuat ekosistem budaya baca dan literasi masyarakat,” ucapnya.

Sementara, dalam perbincangan khusus dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Mesuji, Agus Hariyanto mewakili Bupati Mesuji, Saply TH berkesempatan menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian Perpustakaan Nasional RI yang begitu besar kepada Kabupaten Mesuji.

Agus juga memaparkan progres pembangunan gedung layanan perpustakaan umum daerah Kabupaten Mesuji yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Perpustakaan Nasional RI. (rls/Ag/SM).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed