oleh

DPD ASKONAS, DPD HATSINDO Lampung Adakan MoU dengan Universitas Teknokrat Indonesia

Bandarlampung, SM.com – Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Universitas Teknokrat Indonesia, DPD ASKONAS, DPD HATSINDO, dan Perusahaan-perusahaan Konstruksi tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Penelitian, Pemagangan, Dosen tamu, juga Sertifikasi Kompetisi Kerja (SKK).

Meskipun dalam kondisi pandemi covid 19 kami terus bergerak dan berkarya untuk menciptakan terobosan-terobosan guna perkembangan bidang jasa kontruksi dan Sumber Daya Manusia (SDM) diwilayah lampung, ungkap ketua umum DPD Askonas Lampung, Dipl-Ing B Mofaje Caropeboka, SH, Rabu (29/09/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula GSG lantai 2 Kampus Universitas Teknoktar Indonesia itu, di hadiri oleh Ketua Umum DPD Askonas Lampung Dipl-Ing B Mofaje Caropeboka, SH. Ketua Umum DPD HATSINDO Dwi Agus Riyanto, ST. Didampingi beberapa wakil ketua umum, yang hadir mengikuti MoU Direktur Utama  PT FKI, PT RBJ, PT BSD, PT. GAI, PT. MJP, dan CV Zafira.

Rombongan diterima langsung oleh pihak Universitas Teknokrat Indonesia wakil rektor bidang kerjasama Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M. Pd. wakil dekan I Dedi Darwis, S. Kom., M. Kom, Qadhli Jafar Adrian, Bmm., MIT sebagai Ketua Prodi Teknik Elektro juga didampingi Novia Utami Putri, ST., MM.,MT. dan seluruh ketua program studi di lingkungan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI.

Acara berlangsung dengan lancar hingga selesai dengan tetap menjalankan prokes ketat, tampak terlihat dari hangatnya penyambutan dari civitas akademika menunjukkan antusias dan harapan besar dari ditanda tanganinya kesepakatan kerjasama antara Universitas dan Asosiasi yang bergerak di bidang jasa kontruksi baik perusahaan atau profesi.

Dalam keterangannya, Mofa panggilan akrab Ketua Umum DPD Asosiasi Kontraktor Nasional (ASKONAS) Lampung, bahwa Askonas merupakan wadah berkumpulan para pengusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa kontruksi.

Dikatakan Mofa, hingga saat ini ASKONAS sudah memiliki puluhan ribu anggota yang tersebar di seluruh nusantara. “Dengan visi dan misi Membina dan mengembangkan kemampuan usaha kepada seluruh anggotanya serta bisa bermamfaat kepada orang di sekitarnya.” Papar mofa

Mofa juga menambahkan bahwa Askonas merupakan asosiasi perusahaan yang telah ter akreditasi oleh kementrian PUPR dan saat ini telah membentuk Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) yang sudah terlisensi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) direncanakan tanggal 5 Oktober 2021 akan di adakan launching oleh menteri PUPR.

Sementara itu, Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M. Pd. mewakili rector dalam sambutanya berharap bahwa kerjasama ini bisa mewujudkan sinergitas sehingga kurikulum yang ada di perkuliahan dapat selaras dengan kebutuhan dunia kerja khususnya di jasa konstruksi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dedi Darwis, S.Kom., M.Kom selaku wakil dekan I Fakultas Teknik dan Ilmu komputer UTI, bahwa lulusan dari Universitas Teknokrat Indonesia harus lebih siap berkompetisi di dunia kerja, informasi dan pengalaman langsung di lapangan dari pelaku usaha sangat diperlukan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa.

Lebih lanjut, dijelaskan Ketua Umum DPD Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (HATSINDO) Lampung, Dwi Agus Riyanto, ST, bahwa untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya diperlukan sebuah proses sertifikasi kopetensi kerja (SKK).

Hatsindo adalah asosiasi profesi yang juga sudah terakreditasi oleh kementrian PUPR yang saat ini telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PT. Hatsindo Indonesia Teknik dan telah mendapatkan rekomendasi dari LPJK untuk mendapatkan Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dwi juga menambahkan bahwa LSP Hatsindo mempunyai  skema jabatan kerja antara lain Klasifikasi Jalan, Jembatan, SDA, Bangunan Gedung dan Manajemen pelaksana. Kami siap membantu melakukan sertifikasi kepada calon lulusan dari Universitas teknokrat Indonesia, imbuhnya. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed